Berita Seputar Cilacap

Waspada Lur! Ada Potensi Ombak Tinggi 4 Meter Hingga Rabu 19 Januari 2022

ilustrasi perahu terbang terjang ombak tinggi
ilustrasi perahu terbang terjang ombak tinggi

CILACAP, BERCAHAYA NEWS – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya potensi Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Selatan Jawa Tengah dan Jawa Barat Dimulai hari ini, Selasa (18/1) – Rabu (19/1) pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan keterangan Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Adnan Dendy Mardika, Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Utara – Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya – Barat laut dengan kecepatan angin berkisar 8 – 20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Kep. Anambas – Kep. Natuna, Perairan Kep. Sabalana – Kep. Selayar,  Laut Flores, Laut Banda, Perairan Biak.

Kondisi tersebut berdampak di sejumlah perairan Samudra Hindia Selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Puworejo dan Yogyakarta. dan berpeluang adanya potensi gelombang tinggi 2,5 – 4,0 meter.

“Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).”

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.” Tegasnya.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait