Berita Seputar Cilacap

Serukan Peningkatan Keaktifan Pegawai, Kabapas Nusakambangan Kemenkumham Jateng Dorong PK Menulis Karya Ilmiah

serukan peningkatan keaktifan pegawai kabapas nusakambangan kemenkumham jateng dorong pk menulis karya ilmiah
serukan peningkatan keaktifan pegawai kabapas nusakambangan kemenkumham jateng dorong pk menulis karya ilmiah

NUSAKAMBANGAN, BERCAHAYA NEWS – Senin (09/05) – Pada hari pertama bekerja usai libur panjang lebaran, Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan Johan Ary Sadhewa beserta seluruh pegawainya mengikuti apel pagi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Balai Pemasyarakatan (Kabapas) di halaman depan kantor Bapas.

Apel pagi diawali dengan saling bersalaman dan memaafkan antar pegawai dalam suasana lebaran tersebut.

Selain itu Kabapas mendorong Pembimbing Kemasyarakatan (PK) untuk lebih aktif menjalankan tugas pokok dan fungsi PK salah satunya melalui karya ilmiah dalam bentuk buku.

“Tugas PK tidak hanya melakukan litmas, tetapi juga meliputi pengawasan, pendampingan, dan pembimbingan. Saat ini proses penyelesaian litmas sudah on track, sudah saatnya PK mengembangkan potensi diri dalam unsur pendidikan dengan menulis karya ilmiah yang diterbitkan dalam buku dan jurnal ”, pesan Johan.

Setiap PK yang menjalankan tugasnya akan mendapatkan angka kredit kumulatif yang berfungsi untuk memenuhi pengangkatan dan kenaikan jabatan PK sebagai jabatan fungsional.

Angka kredit kumulatif dapat dicapai melalui dua unsur; unsur utama dan penunjang. Unsur utama terdiri dari pendidikan, bimbingan kemasyarakatan, dam pengembangan profesi.

Sedangkan unsur penunjang dapat berupa kegiatan apapun yang menunjang pelaksanaan tugas PK.

Berdasarkan beberapa unsur tersebut, pengembangan profesi memiliki rentang angka kredit kumulatif yang paling tinggi.

Salah satu kegiatan yang memiliki angka kredit tertinggi adalah membuat karya tulis di bidang bimbingan dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional dengan angka kredit 12,5.

Pada kesempatan yang sama Kabapas turut memberikan apresiasi kepada salah satu PK yang telah berinisiatif meningkatkan kerjasama Bapas dengan beberapa instansi pemerintah dalam mengelola bimbingan klien.

Kabapas berharap langkah awal tersebut dapat diikuti oleh PK yang lainnya untuk meningkatkan kerjasama dengan pihak luar melalui koordinasi antar pegawai.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait